Skip to content

Pendapatan internet pada 2012 diprediksi tumbuh 17%

December 26, 2011

JAKARTA: Pertumbuhan pendapatan internet di Indonesia pada 2012 diprediksi tumbuh 16%-17% dibandingkan total pendapatan internet tahun ini yang hanya Rp116 triliun atau US$13 miliar.

Total pendapatan internet sebesar Rp116 triliun itu setara 1,6% dari pendapatan domestik bruto (PDB) tahun ini.

Laporan Deloitte Access Economics yang dimandatkan Google Asia Pasifik memprediksi angka ini tumbuh tiga kali lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh dalam lima tahun mendatang. Hingga 2016 diperkirakan Internet menyumbang 2,5% dari total PDB.

Direktur Deloitte Access Economics Ric Simes mengatakan pihaknya melihat internet di Indonesia tumbuh lebih cepat daripada ekonomi Indonesia secara umum. Dengan pertumbuhan internet tersebut, ada dampak bagi ekonomi masyarakat.

“Internet membuat masyarakat menghemat waktu dengan berkegiatan secara online, seperti memanfaatkan layanan perbankan dan mengakses lebih banyak variasi barang, jasa, dan informasi,” ujarnya dalam peluncuran Deloitte Access Economics Report bertajuk Nusantara Terhubung: Peran Internet Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia, di Jakarta, hari ini.

Menurutnya, kontribusi pendapatan internet terhadap PDB terus tumbuh karena didorong permintaan konsumen, termasuk pelaku usaha. Lagipula saat ini kebutuhan server data besar tengah tinggi hingga muncul misalnya teknologi komputasi awan.

Namun, lanjutnya, penetrasi internet di Indonesia cukup rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Begitu juga dengan tingkat kepemilikan komputer pribadi yakni sekitar 5%. Akibatnya, hanya sedikit rumah tangga yang mendaftar sambungan internet lewat kabel.

Adapun, tingkat penggunaan telepon seluler masyarakat Indonesia sangat tinggi. Data ITU 2011 mencatat sekitar 72% rumah tangga memiiki sekurangnya sebuah telepon seluler.

Ric mengatakan ketika masyarakat Indonesia sudah online, sebagian besar online untuk berkomunikasi dengan jejaring sosial, bermain game, atau menyaksikan hiburan, sehingga pencarian terhadap berita dan konten lokal juga tumbuh. Beberapa bidang usaha telah mengambil keuntungan dengan hadir di dunia maya.

Berdasarkan hasil survei kepada 200 perusahaan, mereka melaporkan adanya pertumbuhan sekira 29% dari penjualan melalui internet, sebuah angka yang dapat dibandingkand engan negara ekonomi maju seperti Australia.

Laporan Deloitte mengungkapkan bahwa bahwa dua pertiga bisnis yang disurvei mendapatkan keuntungan dari rantai distribusi yang lebih murah untuk barang dan jasa mereka dengan memanfaatkan internet.

Kolumnis teknologi Daily Social Aulia Masna mengatakan hingag saat ini terdapat 200 juta ponsel di Indonesia. Itu bisa berarti satu orang memegang dua hingga tiga ponsel.

“Dengan jumlah ponsel yang begitu banyak Indonesia bisa jadi pionir perubahan internet secara global. Kalau kita fokus ke mobile kita bisa jadi driver internet,” katanya.

Aulia menjelaskan selama ini kendala terbesar ada di ranah regulasi dari pemerintah. Bila Indonesia ingin menjadi agen perubahan internet secara global, pemerintah perlu mendukungnya. Misal, jaringan lingkar palapa yang bertujuan menghubungkan 440 wilayah di Indonesia dengan satu jaringan domestik utama. Dengan begitu penetrasi komunikasi meningkat.

Dari sisi e-commerce, nilai pembelanjaan online hanya sekitar 0,1% dari PDB. Dengan demikian masih banyak peluang yang belum terjamah untuk mengambil keuntungan dari internet. Meski saat ini e-commerce masih berusia dini, seluruh elemen dasar yang dibutuhkan telah ada di Indonesia. Elemen dasar itu yakni masyarakat yang terkoneksi dengan internet, pertumbuhan ekonomi, dan besarnya jumlah usaha kecil dan lokal.

Diadaptasi dari :

http://www.bisnis-jateng.com/index.php/2011/12/pendapatan-internet-pada-2012-diprediksi-tumbuh-17/

Advertisements

From → Navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: